الأحد، فبراير 17، 2013

hewan ounah sejak dulu auroch

Auroch: sejenis sapi besar, punah sejak 1627

Auroch atau urus adalah salah satu binatang punah di Eropa yang paling terkenal, yang merupakan jenis sapi yang sangat besar. Auroch berkembang di India dua juta tahun yang lalu, bermigrasi ke Timur Tengah kemudian ke Asia, dan mencapai Eropa sekitar 250.000 tahun lalu.

Di abad ke-13 sesudah Masehi, auroch dibatasi penyebarannya ke Polandia, Lithuania, Moldavia, Transylvania dan East Prussia. Hak memburu binatang-binatang besar di lahan apapun diperbolehkan bagi kaum bangsawan dan keluarga kerajaan.

Seiring menurunnya populasi auroch, perburuan dihentikan, namun istana kerajaan masih membutuhkan pengawas binatang untuk menyediakan lahan terbuka untuk membiakkan auroch. Pengawas binatang dibebaskan dari pajak lokal sebagai ganti atas jasa mereka dan bebas dari undang-undang hukuman mati bagi siapapun yang menyantap daging auroch.

Menurut istana kerajaan, pada 1564, para pengawas binatang hanya mengetahui keberadaan 38 spesies ini. Auroch hidup yang tercatat terakhir kalinya, seekor betina, meninggal pada 1627 di Hutan Jaktorow, Polandia.

Kerangkanya kemudian diambil oleh pasukan Swedia dan sekarang menjadi milik Livrustkammaren di Stockholm.

Pada 1920, dua pengawas kebun binatang Jerman, kakak beradik Heinz dan Lutz Heck, berupaya membiakkan auroch untuk mengembalikan keberadaannya dari sapi domestik yang merupakan nenek moyang keturunannya.

Rencana mereka berdasarkan konsep bahwa suatu spesies tidak akan punah selagi gen-gen keturunan mereka masih ada dalam populasi kehidupan. Hasilnya adalah pembiakan yang dinamakan Heck Cattle atau "Heck Auroch," yang menghasilkan sebuah kemiripan samar pada apa yang diketahui tentang fisiologi auroch liar.

0 التعليقات:

إرسال تعليق

silahkan untuk mengomentari blog ini ..... terima kasih