الثلاثاء، فبراير 19، 2013

hewan langka beruang madu

BERUANG MADU
Beruang madu
termasuk familiursidaedan merupakan  jenis paling kecil dari kedelapan jenisberuangyang ada didunia.
 Beruang ini adalahfaunakhas provinsiBengkulu sekaligus dipakai sebagaisimboldari provinsi tersebut.
 Beruang madu juga merupakan maskot darikotaBalikpapan
.Beruang madu di Balikpapan dikonservasi disebuah hutan lindung bernama Hutan Lindung SungaiWain.Panjang tubuhnya 1,40 m, tinggi punggungnya 70cm dengan berat berkisar 50 - 65 kg. Bulu beruang maducenderung pendek, berkilau dan pada umumnyahitam,matanya berwarnacokelatataubiru,selain itu hidungnyarelatif lebar tetapi tidak terlalu moncong. Jenisbuluberuangmadu adalah yang paling pendek  dan halus dibandingkanberuanglainnya, berwarnahitamkelam atauhitamkecoklatan, di bawah bulu lehernya terdapat tanda yang unik berwarnaoranyeyang dipercaya menggambarkanmatahariterbit.
 Berbeda dengan beruang madu dewasa, bayi beruang madu yang baru lahir memiliki bulu yang lebihlembut, tipis dan bersinar. Karena hidupnya di pepohonan maka telapak kakiberuang ini tidak berbulusehingga ia dapat bergerak dengankecepatanhingga 48kilometerper jam dan memilikitenagayang sangat kuat. Kepala beruang madu relatif besar sehingga menyerupaianjingyakni memilikitelingakecil dan berbentuk bundar.
[
 Beruang jenis ini memiliki lidah yang sangat panjang dan dapat dipanjangkan sesuai dengan kondisi alam untuk menyarikan madu dari saranglebahdi pepohonan. Selain itu, lidah yang panjangnya dapat melebihi 25 cm itu juga digunakan untuk menangkap serangga kecil di batang pohon. Beruang madu memiliki penciuaman yang sangat tajam dan memiliki kuku yang panjang di keempat lengannya yang digunakan untuk mempermudah mencari makanan.Beruang madu lebih sering berjalan dengan empat kaki, dan sangat jarang berjalan dengan dua kakiseperti manusia.Lengan beruang jenis ini cukup lebar dan memiliki kuku melengkung serta berlubangyang memudahkannya memanjat pohon.Kuku tangan yang melengkung digunakan oleh beruang ini untuk menggali rayap,semutdan saranglebahdan beruangyang sedang mencarimaduakan segera menghancurkan kayu yang masih hidup dan segar dan bahkan berusaha untuk menggaruk pohonyang kayunya keras.
Rahangberuang
 
 sumber : http://www.scribd.com/doc/87187455/Kliping-Hewan-Langka-Tumbuhan

0 التعليقات:

إرسال تعليق

silahkan untuk mengomentari blog ini ..... terima kasih