الأحد، فبراير 17، 2013

hewan yang sudah punah rusa irlandia

Rusa Irlandia: rusa terbesar yang pernah hidup, punah sekitar 7700 tahun lalu Rusa besar Irlandia atau Rusa Raksasa, merupakan rusa terbesar yang pernah hidup, mendiami wilayah Eurasia (dari Irlandia ke timur Danau Baikal) pada akhir zaman Pleistocene dan awal Holocene. Sisa spesies terakhir diperkirakan hidup sekitar 5.700 sebelum masehi, atau sekitar 7.700 tahun lalu.
Rusa Raksasa terkenal karena ukurannya yang sangat besar (sekitar 2.1 meter tingginya hingga ke bahu) dan khususnya karena memiliki tanduk yang paling besar dibanding spesies rusa lain (bisa mencapai 3.65 meter tinggi maksimum dari ujung ke ujung dan berat mencapai 41 kg).
Diskusi mengenai penyebab kepunahan mereka masih difokuskan pada tanduk mereka (bukan pada ukuran tubuh keseluruhan). Beberapa menganggap perburuan manusia merupakan faktor pemicu kematian Rusa Besar Irlandia, karena dengan ukuran tanduknya yang sangat bersejarah sehingga membatasi pergerakan rusa jantan melintasi daerah hutan atau oleh sebagian orang menganggapnya sebagai "maladaptasi".
Namun bukti perburuan berlebihan masih samar-samar dan sebagai spesies benua, binatang ini dapat berbaur dengan manusia di sepanjang keberadaannya dan rupanya manusia bisa beradaptasi dengan kehadiran mereka.

0 التعليقات:

إرسال تعليق

silahkan untuk mengomentari blog ini ..... terima kasih